Monday, October 05, 2015

Avoid Landing Page Redirects Blogger

Loading blog cepat


Avoid Landing Page Redirects Blogger - Pagespeed blog meningkat setelah menggunakan blogger custom domain, dengan menguji pagespeed dibeberapa Tool khususnya Google Page Insight dan GTMetrix. Sebelum memakai domain sendiri saya mengalami kesulitan untuk mengatasi pada masalah Avoid Landing Page Redirects pada GTMetrix.

Tidak ada solusi untuk masalah ini karena pihak blogger  sendiri memang menggunakan sistem redirect ini untuk blogspot setiap negara. Jadi jika blog kita diakses dari negara lain akan berubah menjadi domain dari negara itu sendiri. Misalkan blogspot.my ( Malaysia ), blogspot.co.id ( indonesia), blogspot.sg ( singapura), blogspot.tw( Taiwan), blogspot.jp ( jepang) dan sebagainya.

Untuk mengatasi pengalihan blogspot.com ke blogspot.co.id anda bisa menggunakan script dibawah ini dengan memasangnya pada template HTML sebelum kode </head>


<script type=’text/javascript’>
 var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf(‘.com/’))==’-1′) { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(“.blogspot.”)); if (str1.indexOf(‘/’)==’-1′) { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf(‘/’)+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,’.blogspot.com/ncr/’); } 
</script>

Namun hal diatas tidak berlaku untuk pengujian speed karena pada dasarnya kita hanya mengalihkan dari blogspot.co.id ke blogspot.com dengan bantuan script NCR ( No Country Redirect ), dan hasilnya akan tetap sama dan tidak mengubah apapun pada peringatan Avoid Landing Page Redirects di GTMetrix. Fungsi dari pengalihan diatas hanyalah agar blogspot kita bisa tetap diakses dengan alamat blogspot.com meskipun di akses dari negara lain.

Lalu bagaimana untuk mengatasi masalah Avoid Landing Page Redirect Blogspot ini ?

Jawabannya : Tidak ada

Anda bisa melihat pada Product Forum Google Baca disini
Yang artinya :
Blogger secara otomatis mengarahkan pemirsa di beberapa negara dari blogspot.com ke URL tertentu-negara seperti blogspot.in. Tidak ada pilihan untuk mengubah itu.

Namun jika anda ingin meningkatkan kecepatan loading blog khususnya blogspot anda bisa menggunakan layanan custom domain. Agar tidak mengalami masalah pada Avoid landing page Redirects seperti yang saya katakan diatas, dengan catatan menggunakan alamat url lengkap saat pengujian di GTMetrix ini.  Baca juga Cara Optimalkan CSS Delivery Blogger

Hasil Uji Speed Blog Saya Setelah Custom Domain :

1. GTMetrix Mencapai 99% Pagespeed Score dan 100% untuk Yslow Score - Result Test
2. Google Pagespeed Insight Memperoleh 99/100 Mobile dan 99/100 Dekstop - Result Test

Apa untungnya mempunyai Blog Cepat ?

1. Blog ringan dan cepat akan lebih seo friendly, karena google sendiri menganjurkan untuk memaksimalkan kecepatan loading blog. Untuk ukuran ideal blog ringan adalah kurang dari 100Kb.
Baca juga Blog Cantik Dan Cepat

2. Mudah diakses dengan koneksi yang sedikit lebih lambat khususnya untuk negeri yang mendapat nominasi untuk akses internet terlambat di dunia.

3. Pengunjung akan menjadi lebih nyaman untuk menelusuri semua konten yang ada di blog, walaupun dengan koneksi yang agak mbrebet.

Tentunya setelah membaca beberapa keuntungan memiliki blog cepat dan ringan, kini saatnya anda membuat loading anda menjadi super ringan. Baca Cara Mempercepat Loading Blog untuk SEO Friendly

Jadi kesimpulannya :

Suatu pilihan yang tepat menggunakan domain sendiri karena saya bisa mengoptimalkan pagespeed blog ini setidaknya menghilangkan peringatan Avoid landing page redirect di GTmetrix.